fbpx
Tahapan Pekerjaan Pengecoran Kolom dan Shearwall

Tahapan Pekerjaan Pengecoran Kolom dan Shearwall

Tahapan pekerjaan pengecoran kolom dan shearwall biasanya memiliki volume yang kecil, sehingga dapat menggunakan bucket dan pipa tremie yang kemudian diangkut menggunakan tower crane ke tempat kolom/shear wall yang ingin di cor.

  1. Tuangkan beton ke dalam bucket dari concrete truck.
  2. Pasang pipa tremi ke bucket
  3. Bucket yang sudah terisi dengan beton dipindahkan dengan menggunakan tower crane ke tempat elemen struktur yang akan di lakukan pengecoran.
  4. Posisikan agar tinggi jatuh saat penuangan beton ready mix dibawah 2 m agar tidak terjadi segregasi dikarenakan agregat yang lebih berat akan jatuh terlebih dahulu.
  5. Setelah operator tower crane menyesuaikan posisi bucket, maka beton ready mix dapat dialirkan dari bucket ke elemen struktur melalui pipa tremie.
  6. Segera setelah penuangan beton ke bekisting, beton dipadatkan menggunakan electric vibrator.
  7. Setelah bekisting terisi sampai penuh atau sampai batas yang ditentukan (stop cor) beton kemudian diratakan.

LANGKAH – LANGKAH PEKERJAAN SHEARWALL

  • Pekerjaan Tulangan

Pekerjaan tulangan merupakan pekerjaan yang meliputi pekerjaan pemotongan, hingga pekerjaan perakitan baik itu pekerjaan tulangan yang dirakit ditempat lansung maupun ditempat lain. Pekerjaan tulangan shear wall menggunakan menggunakan tulangan wire mash yang akan diangkut ketempat perletakan shearwall menggunakan tower crane.

  • Pekerjaan Bekisting

Bekisting sheaer wall adalah alat bantu sementara yang berfungsi untuk membentuk beton pada saat pengecoran shear wall dilaksanakan, sehingga diperoleh bentuk beton sesuai dengan perencanaan.

  • Pekerjaan Pengecoran

Pengecoran dilakukan dengan bucket cor dan pipa tremi yang diangkat oleh tower crane . Beton harus dituang sedekat-dekatnya dengan tujuan akhir untuk mencegah terjadinya pemisahan bahan-bahan akibat pemindahan adukan di dalam cetakan.

  • Pekerjaan Pembongkaran Bekisting

Pembongkaran bekisting kolom dilakukan sehari setelah pengecoran. Kondisi paling ekstrim adalah 8 jam setelah pengecoran. Diasumsikan bahwa beton telah mengeras dan semen telah mencapai waktu ikat awal. Proses pembongkaran bekisting dilakukan dengan hati – hati untuk menghindarkan shear wall dari kerusakan.Bekisting yang telah dilepas tersebut diangkat dengan bantuan tower crane dan dibersihkan bagian permukaan dalamnya serta diolesi pelumas untuk kemudian dipasang pada shear wall berikutnya.


Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Kunjungi Juga Social Media Kami Untuk Mengetahui Update Terbaru

Mungkin Kamu Juga Butuh Beton, Klik Disini

Solusi Pencarian Pompa Beton Dengan Harga Terjangkau

Ketahui Product Serta Penawaran Lainnya Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Butuh Bantuan?