fbpx
Pengecoran Beton Dengan Concrete Bucket & Concrete Pump

Pengecoran Beton Dengan Concrete Bucket & Concrete Pump

Pada penelitian ini membahas produktivitas dan waktu pengecoran beton readymix pada pekerjaan kolom, balok dan plat lantai gedung bertingkat khususnya pada lantai 2 dan 3 dengan menggunakan concrete bucket dan concrete pump.

Concrete bucket adalah alat yang dipakai untuk mengangkut beton yang berasal dari truck mixer concrete sampai pda lokasi pengecoran. Jika pengetesan dan pengecekan slump telah dilakukan dan semua standar mutu telah diputuskan, beton yang masih ada dalam mixer concrete ini bisa dipindahkan atau dimasukan ke dalam concrete bucket.

Sedangkan concrete pomp truck merupakan jenis truck atau alat angkut material jadi yang punya kelengkapan berupa lengan atau boom dan pompa untuk memberi tekanan atau dorongan agar campuran material beton bisa sampai pada tempat yang sulit dijangkau.

Oleh karena itu dapat diidentifikasi bahwa alat kerja dan tenaga kerja berpengaruh terhadap pengecoran yang akan dihasilkan. Pada pengecoran produktivitas, dapat dilihat seberapa signifikan pengaruh alat dan tenaga kerja terhadap produktivitas yang dihasilkan, sehingga untuk mengetahui faktor mana yang paling besar pengaruhnya terhadap peningkatan produktivitas.

Ada dua jenis data yang digunakan yaitu kualitatif (dengan penyebaran kuesioner terhadap pihak yang berhubungan dengan pelaksanaan pengecoran) dan kuantitatif (observasi langsung di lapangan). Analisa regresi digunakan untuk memperoleh hubungan linier antara variabel X dengan variabel Y. Dimana variabel X adalah ketinggian per lantai sedangkan variabel Y adalah produktivitas pengecoran.

Hasil analisis menunjukkan nilai produktivitas pengecoran menggunakan concrete bucket pada lantai 2 yaitu 3.84 m3/jam dan lantai 3 yaitu 3.80 m3/jam, sedangkan dengan menggunakan concrete pump pada lantai 2 yaitu 12.15 m3/jam dan lantai 3 yaitu 11.41 m3/jam. Dengan selisih waktu pengecoran per 1 m3 menggunakan concrete bucket dan concrete pump pada lantai 2 dan 3 sebesar (10.40 ; 4.57) menit, (10.63 ; 4.69) menit. Hasil dari analisa regresi linear sederhana menggunakan concrete bucket diperoleh dengan persamaan y=-0.0096x + 3.9502, dan hasil analisa regresi dengan menggunakan concrete pump diperoleh dengan persamaan y=-0.1258x + 13.418.

Kata Kunci : Produktivitas, Readymix, Concrete Bucket, Concrete Pump, Regresi.


Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Kunjungi Juga Social Media Kami Untuk Mengetahui Update Terbaru

Mungkin Kamu Juga Butuh Beton, Klik Disini

Solusi Pencarian Pompa Beton Dengan Harga Terjangkau

Ketahui Product Serta Penawaran Lainnya Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Butuh Bantuan?