Menghilangkan Mitos Pengecoran Malam Hari

Dalam suatu proyek konstruksi, pengecoran adalah pekerjaan yang hampir tidak pernah terlewatkan. Pekerjaan Pengecoran ini biasanya dilakukan setelah dirampungkannya pekerjaan pemasangan bekisting dan pekerjaan pemasangan besi. Oleh sebab itu, hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan lahan dari para pekerja cor,dan ini berkaitan dengan ketersiapan lahan dari pekerja besi dan bekisting.

Umumnya, kegiatan pengecoran sering dilakukan pada malam hari. Dengan alasan bahwa transportasi dari armada beton lebih lancar pada malam hari, dan menghindari kemungkinan adanya kemacetan lalu lintas.

Namun Perlu diungkapkan bahwa kegiatan pengecoran pada malam hari ini sebetulnya berdampak tidak baik bagi siklus pekerjaan dalam suatu proyek. Karena pertama, dengan adanya mitos pengecoran malam itu, semangat pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan pun bisa ikut terhambat. Kedua, ini bisa mengakibatkan semakin mundurnya suatu jadwal pekerjaan yang terkait sesudahnya. Ambil contoh pekerjaan instal bekisting,dan besi kolom pada suatu lantai. Pekerjaan tersebut baru bisa dilakukan setelah slab di lantai tersebut selesai di cor dan telah setting. Bila slab lantai tersebut baru dicor malam hari,maka instal bekisting dan besi kolom di lantai tersebut baru bisa dilaksanakan pagi harinya. Jadi terlambat 1 hari untuk penyelesaian rangkaian pekerjaan tersebut.

Namun, yang perlu dicermati adalah solusi dari masalah mitos ini. Hal ketidaklancaran dan kemacetan ini bisa diatasi dengan penambahan jumlah armada dari beton (mixer) yang ada. Jadi kegiatan pengecoran bisa tetap dilakukan meski masih siang atau sore hari. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah terkait volume kebutuhan cor dan volume yang perlu didatangkan. Karena penambahan armada ini sangat perlu untuk disesuaikan dengan volume kebutuhan cor tersebut.

Ketika pekerjaan suatu proyek diprogramkan untuk berjalan cepat. Maka program tersebut harus secara komit didukung oleh scedule pekerjaan yang cepat pula. Ketika tim proyek komit untuk cepat, Tim proyek bisa menghilangkan mitos pengecoran malam, yakni dengan menyediakan lahan cor sebanyak mungkin. Karena hal yang akan dilakukan adalah menambah jumlah armada (mixer), yang pada akhirnya apabila didapatkan volume berlebih pada suatu area cor rencana, bisa dilarikan untuk mengecor di tempat lainnya yang juga telah siap. Jadi semacam siklus kejar mengejar diatara pekerja cor,bekisting,besi dan kemudian cor lagi.

Visualisasinya seperti terlihat diatas. Siklus Kejar mengejar antara cor, bekisting,besi dan cor lagi. Jadi mitos pengecoran malam bisa dihilangkan. Dan program percepatan dari proyek bisa terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

X