fbpx
<br />
<b>Notice</b>:  Undefined index: alt in <b>/home/u1066142/public_html/wp-content/themes/puca/inc/functions-helper.php</b> on line <b>820</b><br />

Jenis & Kegunaan Pompa Beton (Concrete Pump)
Leave a Comment / News / By Syamsul Alam / April 22, 2019

Pompa beton atau yang biasa disebut dengan concrete pump merupakan alat untuk mentransfer beton ke lokasi pengecoran. Alat ini sangat banyak digunakan dan sangat efektif untuk membantu proses pengerjaan konstruksi pembangunan. Alat ini berbentuk pipet tunggal atau juga bisa disebut dengan pompa portable dan pompa kodok. Fungsi utama yang dimiliki dari pompa beton ini sangatlah maksimal jika ditarik oleh kendaraan lain atau biasa disebut dengan concrete pump truck.

Pompa beton memiliki kegunaan utama yaitu untuk memindahkan muatan dari satu tempat ke tempat lainnya. Pompa beton ini juga dapat digunakan bersamaan dengan truck mixer dan juga truck molen. Kunci ini memiliki desain khusus dan juga dilengkapi dengan pompa yang mana terdapat lengan atau biasa juga disebut dengan boom. Fungsi dari boom sendiri yaitu untuk mengalirkan campuran beton dengan cara memompanya ke lokasi cor yang biasanya sangat sulit untuk dijangkau.

Ukuran Concret Pump

Ada berbagai macam jenis kunci yang perlu untuk diketahui. Jenis dari kunci inilah yang dapat mempengaruhi ukuran dari kunci tersebut. Dibawah ini beberapa kunci yang perlu untuk anda ketahui, yaitu:

  • Standart Concrete Pump
    Pada concrete pump jenis ini sangat banyak sekali penggunaannya pada proses pembangunan. Keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan concrete pump ini adalah tidak perlu lahan yang luas dalam proses pengoperasiannya. Apalagi lengan robot yang dimilikinya untuk mentransfer beton cor juga sangat panjang. Hal tersebut sangat memungkinkan dalam memindahkan beton cor dengan lebih cepat dan lebih efisien. Ukuran yang dimiliki oleh concrete pump ini lengannya memiliki panjang 18 meter hingga 21 meter, lebarnya dari truk sekitar 2,8 m dengan panjang 8,2 m.
  • Mini Concrete Pump
    Jenis dari concrete pump ini sudah sesuai dengan standar yang ada. Concrete Pump ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki panjang lengan yang bisa mencapai 27 meter dengan lebar kendaraan 2,2 dan panjang dari kendaraan itu sendiri hingga 12 meter.
  • Super Longboom Concrete Pump
    Dapat kita ketahui dari namanya bahwa concrete pump ini memiliki lengan yang lebih panjang dibandingkan dengan concrete pump yang sudah disebutkan sebelumnya. Concrete Pump ini dapat digunakan pada bangunan atau lokasi konstruksi yang memiliki tinggi 5 hingga 6 lantai sekaligus. Panjang dari lengannya bisa mencapai 32 hingga 36 meter, lebar dari truknya bisa mencapai 2,8 m dengan panjang 12 m.
  • Master Longboom Concrete Pump
    Concrete Pump ini memiliki keunggulan dan keunikan yaitu lengannya yang sangat panjang dan merupakan concrete pump dengan lengan terpanjang yang bisa mencapai 46 meter bahkan lebih. Lebar kendaraan dari concrete pump ini 2,8 m dengan panjang 12 m.

Pompa beton tersebut dapat diaplikasikan untuk segala jenis pembangunan baik itu infrastruktur pembangunan kecil ataupun pembangunan yang berskala besar. Pompa beton saat ini sangat banyak sekali digunakan dan dimanfaatkan agar pekerjaan dari proses pembangunan tersebut cepat selesai dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dengan hadirnya berbagai macam pompa beton diharapkan dapat mempermudah anda untuk memilih pompa beton mana yang cocok digunakan dalam proses pembangunan. Keunggulan dari masing-masing pompa beton tersebut tentunya semakin mempermudah anda untuk memilih dan menentukan pompa beton mana yang bisa anda gunakan. Pompa beton ini dapat anda beli atau penanda sewa pada tempat-tempat tertentu. Harga yang dipatok untuk pompa beton ini juga cenderung sangat mahal jadi jika anda hanya memerlukannya pada proyek atau konstruksi yang bersifat dan tidak berjangka panjang maka anda bisa menyewanya saja pada tempat penyewaan alat berat.

Dari berbagai macam jenis pompa beton yang ada tentunya memiliki panjang lengan yang berbeda-beda yang fungsinya adalah agar pompa beton tersebut dapat menjangkau seluruh wilayah atau seluruh tempat proyek yang mana terkadang memiliki wilayah pengerjaan cukup kecil dan susah untuk dijangkau. Pompa beton sendiri sangat sering kita lihat dalam proses pembangunan suatu gedung yang memiliki tingkat atau lantai yang cukup banyak. Sehingga lengan pada pompa beton dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

X
Butuh Bantuan?