Minimix K400 Fly Ash

Perbedaan Beton Fly Ash dan Non Fly Ash

Perbedaan beton Fly Ash dan Non Fly Ash, yaitu Fly Ash merupakan sisa-sisa pembakaran batu bara telah digunakan sebagai bahan campuran pada beton. Namun akhir-akhir ini, seringkali dijumpai kenyataan di lapangan yaitu timbulnya retak-retak pada beton yang komposisinya menggunakan Fly Ash dimana mutu betonnya sudah memenuhi persyaratan mutu beton rencana.

Beton Fly Ash pada saat ini banyak di gunakan oleh perusahaan produsen beton cor / readymix concrete sebagai salah satu bahan tambahan dalam pencampuran beton readymix, Peraturan standar ACI, ASTM, SNI memberikan rentang nilai 15% – 25% penggantian semen dengan fly ash.

Fly Ash umumnya ditangkap oleh electrostatic precipitators atau peralatan filtrasi partikel lain sebelum gas buang mencapai cerobong asap batu bara pembangkit listrik, dan bersama-sama dengan bottom ash dihapus dari bagian bawah tungku dalam hal ini bersama-sama dikenal sebagai abu batubara. Tergantung pada sumber dan makeup dari batubara yang dibakar, komponen Fly Ash bervariasi, tetapi semua Fly Ash termasuk sejumlah besar silikon dioksida (SiO2) (baik amorf dan kristal) dan kalsium oksida (CaO), kedua bahan endemik yang di banyak batubara-bantalan lapisan batuan.

Penelitian ini meneliti bagaimana efek pemakaian Fly Ash pada beton ditinjau dari segi shrink age. Pengujiannya dilakukan pada dua mutu, yaitu mutu fc 25 MPa dan mutu fc 32 MPa, dengan masing-masing mutu terdiri dari komposisi fly-ash 0%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, 40%, 45%, dan 50% dari berat semen. Beton tanpa fly-ash (0%) digunakan sebagai acuan akan baik-buruknya hasil pengujian shrink age dan strength pada masing-masing komposisi mutu.

Pemakaian Fly Ash pada beton mutu fc 25 MPa dan fc 32 MPa mempunyai shrink age yang lebih besar dibandingkan pada beton normal tanpa menggunakan Fly Ash. Pada beton mutu fc 25 MPa dan fc 32 MPa, pemakaian Fly Ash mempunyai pengaruh memperlemah kekuatan awal beton, namun pada umur 28 hari keatas, kekuatan beton yang didapat lebih tinggi dibandingkan dengan beton tanpa menggunakan Fly Ash.


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.