Pengertian Dan Pembahasan Portland Cemen (PC)

Pengertian dan Pembahasan Portland Cement (PC) atau yang lebih populer dikenal dengan nama PC memang sangat penting di Bangunan, berikut ini penjelasanya :

Portland Cement (PC)
Disebut juga bahan pengikat hydrolis. Bahan pengikat hydrolis adalah bahan pengikat yang proses pengerasanya lebih baik dalam rendaman air serta menghasilkan produk yang tahan dengan air.

Semen Portland (sering disebut sebagai OPC, dari Ordinary Portland Cement) adalah jenis yang paling umum dari semen dalam penggunaan umum di seluruhdunia karena merupakan bahan dasar beton, plesteran semen, dan sebagian besarnon-nat khusus. Ini adalah bubuk halus yang diproduksi dengan menggiling klinker semen Portland (lebih dari 90%), jumlah terbatas kalsium sulfat (yang mengontrol waktu yang ditetapkan) dan sampai 5% bagian kecil sebagaimana diizinkan oleh berbagai standar

Bahan Dasar Pembuatan Portlan Cement (PC) :
PC adalah hasil penggilingan halus klingker, terutama yang terdiri dari silikat – silikat kalsium yang bersifat hydrolis dengan gypsum sebagai bahan tambahan pengikatnya.
Klinker-klinker tersebut terdiri dari : Kapur,Tanah liat,dan pasir silica yang terbakar dengan komposisi campuran tertentu.

Proses Pembuatan Semen :
Semen Portlan (SP) yaitu tanah galuh dihaluskan,batu kapur dihaluskan,Dicampur secara kering atau basah dengan sedikit bahan tambahan lain dibakar dengan temperatur tinggi didinginkan mendadak,sehingga diperoleh klinker. dan klinker digiling halus sambil dicampur dengan gips (tanpa dibakar).

Pengertian dan pembahasan portland cement (PC) pada penggunaannya yang paling umum untuk semen Portland adalah dalam produksi beton, adalah material komposit yang terdiri dari agregat kerikil, pasir, semen, dan air. Sebagai bahan konstruksi, beton dapat dicetak dalam hampir semua bentuk yang diinginkan, dan sekali mengeras, dapat menjadi elemen struktur.

Penggunaan Semen Portland (PC) juga digunakan dalam mortar, yaitu campuran pasir dengan air saja. Adonan campuran semen dengan air dicampur dalam beberapa jam dapat mengeras, dan semakin lama akan semakin sempurna kekerasannya. Pada prinsipnya, kekuatan beton akan terus meningkat perlahan-lahan selama air tersedia untuk hidrasi lanjutan, beton biasanya kering setelah normalnya 21 hari, dan lama kelamaan akan mencapai titik kekerasan maksimal.


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.