Harga Minimix Jakarta Murah

Mix design dalam beton adalah pekerjaan merancang dan memilih material bermutu tinggi untuk kepentingan produksi beton serta menentukan dalam mutu dan kekuatan beton itu sendiri.

Pekerjaan mix design tentu bukan pekerjaan sederhana dituntut untuk cermat dalam memilih material yang akan digunakan sebagai beton cor nantinya, atas dasar kondisi dilapangan khususnya kondisi eksposur dan lain-lain. Satu lagi, juga harus menentukan cost of material se efisien mungkin

Persyaratan mix design dalam beton

Salah satu persyaratan mendasar dalam memilih serta menentukan jumlah material campuran diantaranya:

  • Menentukan kuat tekan minimum yang didapat dari hasil pertimbangan struktural
  • Menentukan kebutuhan peralatan yang memudahkan dalam proses pekerjaan untuk keperluan pemadatan disesuaikan dengan peralatan pemadatan yang tersedia
  • Menentukan faktor air-semen (fas) maksimum dan/atau kandungan semen maksimum untuk memberikan ketahanan yang cukup sesuai dengan kondisi-kondisi lokasi pengerjaan
  • Menentukan kandungan semen maksimum untuk menghindari penyusutan, keretakan akibat siklus temperature dalam massa beton

Penggunaan zat tambah admixture pada beton juga salah satu tidak terlewatkan dalam perhitungan campuran beton, dibutuhkan ketepatan dalam takaran supaya tidak salah dalam memberikan zat kimia tersebut.

Standarisasi Tahapan Pembuatan

Dalam proses pembuatan mix desain beton, penyusunan adukan beton tidak hanya memperhatikan kinerja beton dalam satu situasi, tetapi juga mendesain beton untuk dua kondisi yaitu fase plastis dan fase perkerasan.

Tahap plastik mengacu pada keadaan di mana bahan beton pertama kali dicampur untuk membuat tekstur lembut, mengalir dan mudah berubah bentuk seperti adonan.

Pada saat yang sama, fase pengerasan jalan terjadi saat beton mulai mengering dan mengeras. Pada tahapan plastis, standar beton harus memenuhi kemampuan proses, kohesi dan memiliki waktu pengaturan yang lama. Pada tahap pengerasan, sifat yang dihasilkan harus memiliki kekuatan dan daya tahan yang mapan.

Inilah sebabnya mengapa pekerjaan menentukan rasio dan proporsi campuran beton sangat rumit dan membutuhkan banyak pengalaman. Pengalaman yang luas akan sangat berguna untuk mempertimbangkan dan memodifikasi campuran sesuai dengan kondisi lingkungan agar beton akhir memenuhi spesifikasi yang diperlukan.


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.