7 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 Mudah!

7 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 Mudah!

cara menghitung kebutuhan keramik 60x60

Pentingnya Menghitung Kebutuhan Keramik untuk Menghindari Pemborosan

Menghitung kebutuhan keramik dengan akurat sangat penting dalam proyek penutupan lantai atau dinding untuk beberapa alasan. Pertama, menghindari pemborosan material adalah tujuan utama. Dengan menghitung dengan cermat, kita dapat membeli jumlah yang tepat sesuai dengan luas area yang akan ditutupi, menghindari pembelian berlebihan yang tidak diperlukan. Kedua, menghindari kekurangan material juga penting. Dengan mengabaikan perhitungan, kita dapat menghadapi kekurangan material saat pemasangan, menyebabkan penundaan proyek atau biaya tambahan untuk mendapatkan material tambahan. Selain itu, menghitung dengan akurat membantu mempertahankan konsistensi tampilan dan desain. 

Konsistensi pola dan warna keramik dapat dijaga dengan memastikan jumlah yang cukup tersedia untuk mencakup seluruh area yang diinginkan. Efisiensi dan produktivitas juga ditingkatkan dengan menghitung dengan akurat, karena tukang keramik dapat bekerja lebih efisien tanpa gangguan pembelian material tambahan. Terakhir, menghitung dengan akurat membantu penghematan biaya, menghindari pembelian berlebihan yang tidak perlu. Menghitung kebutuhan keramik dengan akurat memerlukan pengukuran teliti, perhitungan cermat, dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti area yang akan ditutupi, variasi pola, dan cadangan. Menggunakan jasa profesional seperti tukang keramik atau mengkonsultasikan dengan ahli konstruksi dapat membantu memastikan perhitungan yang akurat dan sesuai dengan proyek yang spesifik.

Tahapan atau Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60

Tentu! Berikut ini adalah langkah-langkah lebih rinci untuk menghitung kebutuhan keramik 60×60:

1. Ukur Luas Area

Gunakan pengukur untuk mengukur panjang dan lebar area yang akan ditutupi dengan keramik. Misalnya, ukuran panjangnya adalah 4 meter dan lebarnya adalah 5 meter.

2. Hitung Luas Area

Kalikan panjang dengan lebar untuk mendapatkan luas area. Dalam contoh ini, luas area adalah 4 meter x 5 meter = 20 meter persegi.

3. Konversi ke Sentimeter Persegi

Karena ukuran keramik 60×60 umumnya diukur dalam sentimeter (cm), kita perlu mengkonversi luas area menjadi sentimeter persegi. Karena 1 meter persegi sama dengan 10.000 sentimeter persegi, luas area dalam sentimeter persegi adalah 20 meter persegi x 10.000 cm persegi/m persegi = 200.000 cm persegi.

4. Hitung Jumlah Keramik

Bagi luas area dalam sentimeter persegi dengan luas satu keramik. Untuk keramik dengan ukuran 60×60 cm, luas satu keramik adalah 60 cm x 60 cm = 3.600 cm persegi. Jadi, jumlah keramik yang dibutuhkan adalah 200.000 cm persegi ÷ 3.600 cm persegi/keramik = 55,56 keramik.

5. Bulatkan Angka

Karena kita tidak bisa membeli sebagian keramik, kita perlu membulatkan angka ke atas menjadi bilangan bulat. Dalam hal ini, kita akan membutuhkan sekitar 56 keramik.

6. Tambahkan Cadangan

Disarankan untuk menambahkan beberapa keramik cadangan sebagai pengganti jika ada keramik yang rusak atau pecah selama pemasangan. Jumlah cadangan dapat bervariasi, tetapi umumnya sekitar 5 hingga 10% dari jumlah total keramik yang dibutuhkan. Dalam contoh ini, jika kita menambahkan 5% cadangan, kita akan membutuhkan sekitar 56 keramik + 5% cadangan = 59 keramik.

7. Perhitungan Jumlah Total

Jumlahkan jumlah keramik yang dibutuhkan dengan jumlah cadangan. Dalam contoh ini, jumlah total keramik yang dibutuhkan adalah 56 keramik + 5% cadangan = 59 keramik.

8. Perhitungan Lembutan

Jika Anda juga membutuhkan lembutan untuk pemasangan keramik, periksa petunjuk produsen dan tambahkan jumlah lembutan yang diperlukan ke jumlah total keramik yang dibutuhkan.

Pastikan untuk memperhatikan variasi dalam jumlah keramik yang mungkin diperlukan berdasarkan pola pemasangan yang akan digunakan dan karakteristik unik dari area yang akan ditutupi. Juga, konsultasikan dengan tukang keramik profesional untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat berdasarkan kebutuhan dan kondisi proyek yang spesifik.

Tips Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 Agar Sesuai Kebutuhan 

1. Ukur Area yang Akan Ditutupi

Lakukan pengukuran teliti terhadap area yang akan ditutupi dengan keramik 60×60. Pastikan untuk memperhitungkan sudut-sudut yang mungkin memerlukan pemotongan keramik tambahan.

2. Perhatikan Pola Pemasangan

Tentukan pola pemasangan yang akan digunakan, seperti pola lurus, pola segi empat, atau pola diagonal. Pola ini akan mempengaruhi jumlah keramik yang diperlukan. Jika Anda menggunakan pola yang rumit atau bervariasi, pastikan untuk mengkonsultasikan dengan tukang keramik atau ahli konstruksi untuk memperoleh estimasi yang lebih akurat.

3. Hitung Jumlah Keramik

Periksa ukuran keramik yang akan Anda gunakan, dalam kasus ini 60×60. Bagi luas total area yang akan ditutupi dengan luas satu keramik untuk mendapatkan perkiraan jumlah keramik yang diperlukan. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan tambahan untuk cadangan dan pemotongan yang diperlukan.

4. Periksa Ketersediaan dan Kemasan Keramik

Periksa ketersediaan keramik di pasaran dan periksa ukuran kemasan yang tersedia. Beberapa kemasan keramik mungkin berisi jumlah tertentu per box, seperti 4 atau 6 keramik per box. Pastikan untuk memperhitungkan ini dalam perhitungan Anda untuk memastikan bahwa Anda membeli jumlah keramik yang cukup dengan mempertimbangkan pembelian dalam kemasan yang tersedia.

5. Konsultasikan dengan Ahli Konstruksi

Jika Anda masih merasa ragu atau ingin memastikan perhitungan yang akurat, disarankan untuk berkonsultasi dengan tukang keramik atau ahli konstruksi yang berpengalaman. Mereka akan dapat memberikan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan proyek Anda dan memberikan perkiraan yang lebih akurat.

Selalu lebih baik memperkirakan sedikit lebih banyak keramik daripada kekurangan. Jika Anda memiliki kelebihan keramik setelah pemasangan selesai, Anda dapat menyimpannya sebagai cadangan untuk pemotongan atau perbaikan di masa depan.

Mochammad Hasan Rifai

Hi! I'm Hasan. I am highly passionate about learning and working in Digital Marketing (SEO & Ads), Content & Copywriting Strategies, and Web Development (UI/UX & Front-End) fields. I am experienced as a leader in the organization to solve problems, developing good communication and relationships, building mapping, roadmaps, or targets for teams or organizations to achieve goals, and managing good teamwork in the organization environment. A curious, creative, & insightful person who is always open to learning new things, challenges, and existing skills.

See all author post

69 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.