9 Cara Efektif Menghilangkan Lumut pada Lantai Cor!

9 Cara Efektif Menghilangkan Lumut pada Lantai Cor!

cara menghilangkan lumut di lantai cor

Daftar Isi

Menghilangkan lumut pada beton cor sangat penting karena lumut dapat menyebabkan permukaan beton menjadi licin dan berbahaya jika tidak dibersihkan. Lumut juga dapat merusak tampilan estetika beton cor, karena seringkali tumbuh dengan warna yang tidak enak dilihat. Selain itu, lumut juga dapat merusak beton cor jika tidak segera dibersihkan. Akar lumut dapat menembus dan merusak struktur beton cor yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius jika dibiarkan terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, membersihkan beton cor dari lumut secara teratur sangat penting untuk menjaga keamanan, estetika, dan kesehatan beton cor Anda. Berikut 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan lumut pada beton cor.

1. Pembersihan Manual

Jika lantai cor Anda terkena lumut, cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan metode manual. Pertama-tama, bersihkan lantai dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran dan debris. Kemudian, basahi lantai dengan air dan tunggu beberapa menit untuk meresap ke dalam pori-pori lantai. Setelah itu, gunakan campuran air dan pembersih seperti sabun cuci piring atau pemutih untuk membersihkan lantai menggunakan sikat kawat atau sikat berbulu halus. Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat membersihkan lantai dengan bahan kimia. Terakhir, bilas lantai dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap atau kain bersih. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor. Pastikan juga untuk menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis lantai cor Anda dan hindari penggunaan bahan pembersih yang terlalu kuat.

2. Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Menggunakan air panas dan sabun cuci piring adalah cara efektif untuk menghilangkan lumut pada lantai cor. Pertama, bersihkan permukaan lantai cor dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya. Panaskan air hingga mendidih, kemudian tuangkan air panas tersebut pada permukaan lantai yang berlumut dan biarkan air panas meresap ke dalam pori-pori lantai selama 10-15 menit. Setelah itu, campurkan sabun cuci piring ke dalam air panas dan gunakan sikat atau lap untuk membersihkan lantai secara perlahan-lahan. Pastikan sikat digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak lantai. Setelah selesai membersihkan, bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih. Untuk menghindari kerusakan, hindari penggunaan sabun yang terlalu kuat dan gunakan sabun cuci piring yang lembut serta tidak mengandung bahan kimia yang keras. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor, dan pastikan selalu menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat membersihkan lantai dengan bahan kimia.

3. Cuka Putih

Untuk menghilangkan lumut di lantai cor, Anda bisa menggunakan cuka putih dengan cara sebagai berikut: Pertama-tama, bersihkan area yang terkena lumut dengan menyapunya atau menyikatnya terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di permukaan lantai cor. Selanjutnya, campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1 atau gunakan cuka putih murni jika lumut sangat parah. Kemudian, tuangkan campuran cuka putih ke atas area yang terkena lumut dan diamkan selama 15-30 menit agar cuka putih dapat meresap dan menghilangkan lumut. Setelah itu, gosok permukaan lantai cor dengan kuas atau sikat yang kuat dan berbulu kasar untuk mengangkat lumut yang sudah lembek dan mudah dibersihkan. Bilas lantai cor dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa cuka putih yang masih menempel. Terakhir, keringkan permukaan lantai cor dengan kain atau lap bersih. Lakukan langkah-langkah tersebut secara teratur untuk mencegah pertumbuhan lumut di lantai cor. Namun, pastikan terlebih dahulu cuka putih tidak merusak lantai cor Anda karena bahan kimia tersebut dapat merusak beberapa jenis lantai tertentu.

4. Air dan Soda Abu

  1. Bersihkan permukaan lantai cor dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya.
  2. Basahi lantai dengan air bersih dan tunggu beberapa menit hingga air meresap ke dalam pori-pori lantai.
  3. Campurkan soda abu dengan air hingga menjadi pasta.
  4. Oleskan pasta soda abu ke permukaan lantai yang berlumut, lalu biarkan selama 10-15 menit.
  5. Gosok permukaan lantai dengan sikat atau lap basah hingga lumut terangkat dari permukaan lantai.
  6. Setelah selesai membersihkan, bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa soda abu.
  7. Keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih.
  8. Ulangi proses ini jika masih ada sisa lumut pada lantai cor.
  9. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor.

Pastikan untuk selalu menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat membersihkan lantai dengan bahan kimia. Hindari penggunaan soda abu yang terlalu banyak karena dapat merusak lantai cor. Gunakan soda abu dengan jumlah yang tepat dan pastikan untuk membilas lantai dengan baik setelah selesai membersihkan.

5. Air dan Pemutih

  1. Bersihkan area yang terkena lumut dengan menyapu atau menyikatnya terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di permukaan lantai cor.
  2. Siapkan campuran air dan pemutih dalam wadah. Perbandingannya sekitar 10 liter air dengan 1 liter pemutih.
  3. Tuangkan campuran air dan pemutih ke atas area yang terkena lumut. Pastikan seluruh permukaan lumut terkena cairan ini. Diamkan selama 15-30 menit agar pemutih dapat meresap dan menghilangkan lumut.
  4. Gosok permukaan lantai cor dengan kuas atau sikat yang kuat dan berbulu kasar untuk mengangkat lumut yang sudah lembek dan mudah dibersihkan.
  5. Setelah itu, bilas lantai cor dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa pemutih yang masih menempel.
  6. Terakhir, keringkan permukaan lantai cor dengan kain atau lap bersih.

Agar lantai cor tidak tumbuh lumut, lakukan langkah-langkah di atas secara teratur. Namun, pastikan bahan kimia yang digunakan tidak merusak lantai cor Anda, terutama jika menggunakan pemutih. Pastikan juga ruangan yang digunakan untuk membersihkan memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari terlalu banyak terpapar bahan kimia yang berbahaya.

6. Hidrogen Peroksida

  1. Bersihkan permukaan lantai cor dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya.
  2. Tuangkan hidrogen peroksida ke atas permukaan lantai yang berlumut. Pastikan hidrogen peroksida merata di seluruh permukaan lantai.
  3. Biarkan hidrogen peroksida meresap ke dalam pori-pori lantai selama 15-30 menit.
  4. Setelah itu, gosok permukaan lantai dengan sikat atau lap basah hingga lumut terangkat dari permukaan lantai.
  5. Bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa hidrogen peroksida.
  6. Keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih.
  7. Ulangi proses ini jika masih ada sisa lumut pada lantai cor.
  8. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor.

Jangan lupa untuk memakai sarung tangan dan masker ketika membersihkan lantai dengan bahan kimia. Hati-hati saat menggunakan hidrogen peroksida karena bisa merusak lantai cor. Pastikan penggunaannya disesuaikan dengan takaran yang tepat dan jangan lupa untuk membilas lantai dengan baik setelah selesai membersihkan.

7. Cairan Pemutih Khusus

Untuk menghilangkan lumut di lantai cor, dapat menggunakan cairan pemutih khusus yang biasanya tersedia di toko-toko bahan bangunan atau supermarket. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan cairan pemutih khusus:

  1. Bersihkan area yang terkena lumut dengan menyapu atau menyikatnya terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di permukaan lantai cor.
  2. Siapkan cairan pemutih khusus sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasannya. Biasanya, perlu dicampur dengan air dalam perbandingan tertentu
  3. Tuangkan cairan pemutih khusus ke atas area yang terkena lumut. Pastikan seluruh permukaan lumut terkena cairan ini. Diamkan selama beberapa waktu agar pemutih dapat meresap dan menghilangkan lumut.
  4. Gosok permukaan lantai cor dengan kuas atau sikat yang kuat dan berbulu kasar untuk mengangkat lumut yang sudah lembek dan mudah dibersihkan.
  5. Setelah itu, bilas lantai cor dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa pemutih yang masih menempel.
  6. Terakhir, keringkan permukaan lantai cor dengan kain atau lap bersih.

Jangan lupa untuk membaca instruksi penggunaan pada botol pemutih khusus sebelum menggunakannya. Pastikan juga ruangan tempat Anda membersihkan memiliki ventilasi yang cukup untuk menghindari terpapar bahan kimia yang berlebihan.

8. Alat Pembersih Tekanan Tinggi

  1. Bersihkan permukaan lantai cor dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya.
  2. Siapkan alat pembersih tekanan tinggi yang sudah terisi air bersih.
  3. Atur tekanan air pada alat sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  4. Semprotkan air ke permukaan lantai cor secara merata.
  5. Fokuskan aliran air pada area yang terdapat lumut pada lantai cor.
  6. Gerakkan alat pembersih tekanan tinggi ke seluruh permukaan lantai dengan gerakan ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan.
  7. Ulangi proses ini pada area yang masih terdapat lumut pada lantai cor.
  8. Bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa lumut dan kotoran.
  9. Keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih.
  10. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat pembersih tekanan tinggi dengan hati-hati dan benar. Pastikan untuk memakai sarung tangan dan kacamata pelindung ketika menggunakan alat ini. Hindari penggunaan alat pembersih tekanan tinggi pada area yang sensitif atau mudah rusak.

9. Penggunaan Larutan Kimia Khusus

  1. Bersihkan permukaan lantai cor dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya.
  2. Siapkan larutan kimia khusus untuk menghilangkan lumut. Baca petunjuk label pada kemasan untuk menghindari penggunaan yang salah.
  3. Tuangkan larutan kimia khusus ke atas permukaan lantai cor yang berlumut. Pastikan larutan merata di seluruh permukaan lantai.
  4. Biarkan larutan kimia khusus meresap ke dalam pori-pori lantai selama beberapa waktu, sesuai dengan petunjuk label.
  5. Gosok permukaan lantai dengan sikat atau lap basah untuk mengangkat lumut dari permukaan lantai.
  6. Bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa larutan kimia khusus.
  7. Keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih.
  8. Ulangi proses ini pada area yang masih terdapat lumut pada lantai cor.
  9. Lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai cor.

Jangan lupa untuk melindungi diri saat membersihkan lantai dengan bahan kimia. Gunakan sarung tangan dan masker agar terhindar dari bahaya. Jangan terlalu banyak menggunakan larutan kimia khusus karena dapat merusak lantai cor. Pastikan untuk menggunakan jumlah yang tepat dan bilas lantai dengan baik setelah selesai membersihkan. Dengan begitu, lantai Anda akan tetap bersih dan terjaga keawetannya.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membersihkan Beton Cor Berlumut 

Untuk membersihkan lumut pada beton cor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kenali jenis lumut yang tumbuh di beton cor karena setiap jenis lumut memerlukan metode pembersihan yang berbeda. Kedua, gunakan peralatan yang tepat seperti sikat kawat, penghapus cat, atau mesin tekanan air tergantung pada jenis lumut dan seberapa sulit lumut tersebut untuk dihilangkan. Ketiga, gunakan bahan kimia yang tepat jika perlu, dan pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar. Keempat, lakukan pembersihan secara berkala tergantung pada lokasi dan kondisi beton cor. Kelima, perhatikan keselamatan dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker terutama jika menggunakan bahan kimia atau mesin tekanan air. Terakhir, hindari penggunaan bahan atau peralatan yang dapat merusak permukaan beton cor seperti sikat kawat yang terlalu kasar atau mesin tekanan air yang terlalu kuat.

Mochammad Hasan Rifai

Hi! I'm Hasan. I am highly passionate about learning and working in Digital Marketing (SEO & Ads), Content & Copywriting Strategies, and Web Development (UI/UX & Front-End) fields. I am experienced as a leader in the organization to solve problems, developing good communication and relationships, building mapping, roadmaps, or targets for teams or organizations to achieve goals, and managing good teamwork in the organization environment. A curious, creative, & insightful person who is always open to learning new things, challenges, and existing skills.

See all author post

65 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.