Pembahasan tentang Vibrator Beton dan fungsinya

Vibrator

Setelah beton segar dituang pada struktur, maka dilakukan proses pemadatan. Tujuan proses ini adalah untuk menghilangkan udara yang ada pada dinding maupun sepsi beton. Jika langkah ini dilewatkan, maka udara yang ada akan membentuk ruang kosong pada beton yang membuat beton tidak kuat sempurna.

Maka dari itulah, dibutuhkan alat khusus dalam proses konstruksi ini. Alat yang digunakan akrab disebut dengan istilah vibrator. Alat konstruksi ini merupakan jarum penggetar yang dioperasikan dengan mesin untuk mempercepat pengerjaan.

Selain menggunaka alat ini, para pekerja proyek di lapangan harus melakukan pemadatan dengan cara manual, yakni dengan menusuk-nusuk beton dengan kayu atau batangan lain hingga cor beton menjadi padat dan tidak terdapat lagi ruang kosong di dalamnya.

Pemerataan dengan vibrator memungkinkan untuk memberikan hasil mutu konstruksi yang lebih baik, sekaligus bisa menghemat tenaga manusia dan juga menghemat biaya. Pengadaannya bisa dengan retail atau menyewa sesuai dengan kebutuhan kosntruksi.

Selain vibrator, alat berat konstruksi yang berfungsi untuk proses pemadatan beton ialah: Tamping Roller, Pneumatictiredroller, dan Compactor. Pemilihan alat ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konstruksi, apakah pengerjaan proyek untuk gedung, bandara, jalan, atau bendungan. Masing-masing membutuhkan alat pemadatan beton yang disesuaikan dengen jenis proyek.

Tinggalkan Balasan

X