fbpx
<br />
<b>Notice</b>:  Undefined index: alt in <b>/home/u1066142/public_html/wp-content/themes/puca/inc/functions-helper.php</b> on line <b>820</b><br />

Berbagai nama perusahaan di bawah ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga. Bahkan ada pula yang termasuk perusahaan multinasional yang emngembangkan pasarnya di Indonesia. Berikut ini adalah 5 perusahaan semen Indonesia:

  1. Semen Indonesia (Persero) TbkPT. Semen Indonesia (Persero) TbkSaat ini, perusahaan semen ini termasuk yang terbesar di Indonesia. Kapasitas produk dari tahun ke tahun ditingkatkan untuk memenuhi permintaan konsumen hingga jutaan ton. Perusahaan semen ini telah berdiri sejak tahun 1957 lalu.Dari segi pengalaman hingga pangsa pasar, perusahaan ini selalu pantas diperhitungkan. Bahkan di tengah persaingan banyaknya produk semen asing yang masuk, Semen Indonesia tetap memiliki pasarnya tersendiri.Perusahaan ini berpusat di Gresik, Jawa Timur.Sedangkan anak perusahaan tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera hingga Sulawesi. Berbagai produk semen telah dihasilkan, seperti semen portland, special blended cement, dan semen jenis lain yang dibutuhkan oleh pasar.
  2. PT Cemindo GemilangPT Cemindo GemilangProduk dari perusahaan ini ialah semen merah putih. Namanya tentu sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Semen ini termasuk produk premium yang mulai diproduksi sejak 2012 lalu. Meskipun masih tergolong baru dalam pasar, namun produk ini cukup bisa bersaing.Produk dari semen ini memiliki berbagai keunggulan, seperti halnya : kekuatan, ketahanan dan kemudahan dalam pengerjaan. Hal ini terbukti dengan produk-produknya yang sudah sesuai dengan SNI.Berbagai produk semen yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah : PCC atau Portland Composite Cement dan OPC atau Ordinary Portland Cement. Selain itu, perusahaan juga memproduksi berbagai produk turunan berupa beton ready mix dan beton precast untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  3. Holcim IndonesiaPT. Holcim Indonesia
    Inilah salah satu perusahaan ternama di Indonesia. Sebagai perusahaan multinasional yang cabangnya sudah ada di berbagai negara, holcim mengembangkan produk bukan hanya semen saja. Ada pula produk berupa beton ready mix yang menjangkau berbagai wilayah Indonesia.Cikal bakal holcim tidak luput dari Semen Cibinong yang telah berdiri pada 1971, PT. Semen Cibinong merupakan pabrik semen swasta pertama di Indonesia. Saat itu dalam produksi hanya berkapasitas sekitar 600 ribu ton semen per tahun. Pada 1977 Semen Cibinong go public dengan mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta.Pabrik semen dari perusahaan ini ada di berbagai wilayah mencakup Jawa Tengah, Jawa Barat, Cilacap, Tuban, dan Jawa Timur. Total kapasitas produksi bisa mencapai jutaan ton pertahunnya.

  4. Semen PadangSemen Padang
    Inilah salah satu produsen semen tertua di indonesia yang sudah ada sejak tahun 1910. Perusahaan ini mampu menghasilakn semen dengan jumlah produksi jutaan ton pertahun yang tersebar di beberapa pabrik yang ada.Jenis semen yang dihasilkan adalah semen portland type I sampai IV.Ada pula produk berupa super masonry cement, Oil well cement, dan Portland composite cement. Bahkan ada pula produk semen berupa super “portland pollolan” yang memiliki keunikan tersendiri sebagai material untuk berbagai konstruksi.
  5. Semen TonasaSemen Tonasa
    Di kawasan Indonesia timur, perusahaan semen ini termasuk perusahaan semen terbesar. Pabrik semen menempati lahan di Kabupaten Pangkep. Produksinya bukan hanya memenuhi kebutuhan semen di Indonesia akan tetapi juga di beberapa negara khususnya di Asia Tenggara.Untuk memproduksi jutaan ton semen tiap tahunnya, maka perusahaan ini memiliki beberapa pabrik, meliputi Pabrik Tonasa II, III, IV, dan V. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1969 dan menjadi salah dari dari 5 perusahaan semen Indonesia yang unggul.

Demikin sekelumit mengenai lima perusahaan yang kiranya patut diketahui khususnya oleh aktifis konstruksi, mudah-mudahan menjadi bahan informasi yang berguna bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

X
Butuh Bantuan?