0 comments

Penjelasan Truk Mixer dan Kapasitasnya

Truk Mixer (Truk Molen)Penjelasan truk mixer dan kapasitasnya adalah armada spesial untuk mengangkut beton cair yang dihasilkan dari batching plant, berat truk ini kurang lebih 25 ton, tergantung dari brand kendaraan yang memproduksinya.

Kapasitas Truk Mixer

Ciri khas armada ini sudah barang tentu memiliki tong besar sebagai tempat penampungan beton yang akan didistribusikan ke lokasi proyek pengecoran.

Istilah dan penyebutan armada ini beragam bisa disebut truk mixer, truk molen, truk beton, pada ruang lingkup ready mix daya angkut beton ini untuk truk standar dapat mengangkut dengan kapasitas 7 m³ persekali angkut, sedangkan untuk ukuran mini berkisar 2,5 s/d 3 m³ .

Merek armada truk mixer di Indonesia cukup banyak yang sudah beroperasi biasanya yang paling handal kendaraan-kendaraan buatan Eropa dan Jepang, seperti truck mixer Mercedes, Mitshubusi  Fuso, Hino, Nissan, Volvo dan MAN.

Kelebihan Truk Mixer

Setiap penggunaan alat pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan penggunaan concrete mixer. Keuntungan menggunakan concrete mixer adalah:
  1. Biaya produksi relatif rendah
  2. Mudah dioperasikan sehingga tidak memerlukan operator khusus
  3. mudah dalam perawatan dan perbaikannya
  4. campuran yang dihasilkan lebih homogen atau merata jika dibandingkan dengan campuran yang dihasilkan dengan pencampuran manual.
  5. mudah dipindah pindah, sehingga dapat langsung ditempatkan dilokasi pekerjaan.

Kekurangan Truk Mixer

  1. Tidak cocok untuk pekerjaan yang memerlukan beton dalam volume yang besar, karena kapasitas produksinya yang kecil
  2. Tidak cocok untuk campuran beton mutu tinggi

Bagi Anda yang pensaran bagaimana truk ini beroperasi, pekerja perlu mengangkut material kering kedalam truk molen dan diisi dengan air untuk melakukan proses pencampuran dari keduah bahan tersebut.

Sementara itu, untuk mempertahankan stabilitas dari kekentalan beton cor sendiri harus melalui proses agitasi, yakni pemutaran drum yang seperti molen ini.

Setelah mengetahui apa itu truk molen, kini pembahasan mengenai apa saja yang terdapat dalam truk molen. Dibagian dalam drum yang berbentuk molen ini terdapat pisau berbentuk spiral yang akan bekerja secara satu arah putaran. Pisau spiral ini cukup besar dan terbilang cukup kuat, ini berfungsi sebagai pengaduk beton cor. Pengaduk ini akan terus beroperasi selama waktu transportasi menuju ke lokasi pengecoran.


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X